Image of EBOOK: Dari Etika Ke Spiritual Bisnis (Tela’ah Isu-isu Aktual dan Masa Depan Pendidikan Tinggi Ekonomi Islam)

Text

EBOOK: Dari Etika Ke Spiritual Bisnis (Tela’ah Isu-isu Aktual dan Masa Depan Pendidikan Tinggi Ekonomi Islam)



Etika dan spiritualitas adalah bagian yang seharusnya build in sejak awal di dalam bangunan ekonomi (Islam). Namun seperti apa pemahaman dan aktualisasinya harus benar-benar dapat mengantarkan kepada keadilan dan kemandirian ekonomi sekaligus. Tidak jarang dijumpai ternyata problema ekonomi malah dijumpai di tengah-tengah masyarakat yang religiusitasnya tinggi. Pemahaman tentang etika dan spiritualitas tidak berbanding lurus dengan etos dan kemandirian ekonomi. Ini adalah tugas berat untuk mendudukan eksistensi ekonomi dalam bingkai etis dan spiritualitas secara benar. Buku ini sesungguhnya sebagai langkah awal untuk meyakinkan kita bahwa etika dan spiritualitas tidak boleh tercerabut dari aktivitas ekonomi dan bisnis.
(Dr. Muhammad Yafiz, MA. Doktor Ekonomi Islam Alumnus S3 UIN Jakarta).
Buku ini berhasil menunjukan bahwa etika dan spiritualitas merupakan hal teramat penting dimiliki para pelaku bisnis. Dunia menyaksikan ketika perusahaan kelas dunia satu persatu jatuh bertumbangan disebabkan para CEO-nya mengabadikan prinsip-prinsip etika. Sesungguhnya etika dan spiritualitas seperti yang ditawarkan buku ini bisa disandingkan dengan kegiatan bisnis. Penulis sangat memahami kebutuhan akan etika dan spiritualitas yang berdasarkan Alquran dan Hadis. Sebuah terobosan yang layak dibaca.
(Dr. M. Ridwan, Wakil Dekan III FEBI IAIN.SU dan Pengurus Pusat Iaktan Ahli Ekonomi Islam).
Ketika Prof. Dr. M. Quraish Shihab menulis buku Berbisnis Dengan Allah: Tips Jitu Jadi Pebisnis Sukses Dunia Akhirat (Lentera Hati:2008) sebagian orang protes dengan judul itu. Kesan yang muncul dari judul itu, habl min Allah itu dibangun atas dasar kalkulasi untung dan rugi. Lalu dimana letaknya ikhlas dan ketulusan sebagai syarat mutlak pengabdian hamba kepada khaliknya? Namun setelah buku ini dibaca ternyata maksudnya tidak demikian. Berbisnis dengan Allah mengandung pengertian dalam bisnis sejatinya manusia bertolak dari kesucian dengan memperhatikan ketentuan ilahi serta berupaya sekuat tenaganya, lalu mengakhiri usaha maksimalnya itu dengan kepuasan, maka pasti kalaupun ia gagal meraih yang dia harapkan Allah akan membantunya. Buku ini sesungguhnya menguatkan tesis Prof. Quraish Shihab di atas.
(Dra. Khusaimah Batubara, MA. Alumnus McGill University dan Kandidat Doktor IAIN.SU)


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
174.4 AZH d
Penerbit IAIN PRESS : Medan.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-3020-38-9
Klasifikasi
174.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this